Mahasiswa Ceko wisata kopi Lintong di Humbahas


Sebanyak 16 mahasiswa berasal dari CULS (Czech University Of life Sciences-Prague) Republik Ceko melakukan wisata kopi dan wisata alam di Kabupaten Humbang Hasundutan (14/7). Wisata Kopi (coffee travel) adalah program yang diprakarsai oleh Koperasi Petani yakni Kopi Lintong KSU POM Humbang, Desa Nagasaribu Kecamatan Lintongnihuta, dengan kolaborasi antara IT DEL (Institute Tehnologi DEL) Laguboti Kabupaten TobaSamosir.

Gani Silaban selaku Ketua KSU POM Humbang menjelaskan bahwa kegiatan ini sudah dilakukan sejak tahun 2012. “Study tentang kopi lintong dan tour wisata Humbang Hasundutan seperti Sipinsur dan air terjun janji dan pasar lokal doloksanggul merupakan kegiatan-kegiatan yang sering kami lakukan” jelas Gani.

Mahasiswa Ceko dan IT DEL dengan Petani KSU POM Humbang dan Perwakilan Pemkab Humbahas di Kantor KSU POM Humbang – Nagasaribu Kec. Lintongnihuta

Ricardo Situmeang sebagai Dosen IT DEL sekaligus Koodinator Program Summer School ke 6 menjelaskan bahwa” Kunjungan Mahasiswa Czech ke Kawasan Danau Toba merupakan program Summer School, kerjasama program pendidikan dengan IT DEL Laguboti- Tobasa. Kebanyakan mahasiswa CULS berasal dari Fakutas Ekonomi dan Engineering yang selama di Kawasan danau Toba akan mengadakan studi penelitian tentang teknologi pertanian, pengolahan makanan, marketing, organik farming, milk production, permaculture, pendidikan dan budaya batak. Semua mahasiswa tinggal di kampus IT DEL mulai dari tanggal 10 Juli s/d 30 Juli 2017, kata Ricardo.

Kegiatan program wisata dimulai dengan mengunjungi KSU POM Humbang – Nagasaribu untuk belajar proses pengolahan kopi lintong. Sedangkan kegiatan wisata alam Kabupaten Humbang Hasundutan dengan mengunjungi wisata pemandangan sipinsur di Kecamatan Paranginan dan air terjun janji di Kecamatan baktiraja. Setelah puas menikmati wisata alam, rombongan dijamu oleh Dinas Kopedagin di Workshop Dekranada Kabupaten Humbang Hasundutan, Doloksangggul.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Koperasi Perdagangan dan Industri, Radna Marbun yang didampingi oleh Kabid Pariwisata Barton Naibaho, SE mengatakan, “Kunjungan mahasiswa CULS dari Republik Ceko dan IT DEL – Laguboti Tobasa, memberikan sumbangsih nyata pada dunia pendidikan, bidang pariwisata, dan produk produk lokal untuk kemajuan di daerah kawasan danau toba khususnya di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Lebih lanjut, radna mengucapkan terimakasih kepada seluruh rombongan yang telah berkunjung, kiranya dapat menginformasikan kepada masyarakat Republik Ceko untuk berkunjung ke Kabupaten Humbang Hasundutan.

Dalam acara tersebut hadir perwakilan SKPD antara lain Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo, Dinas Kopedagin, Dinas Pendidikan, dan Dekranasda Humbang Hasudutan dan Organisasi Geopark Humbang Hasudutan dalam pembuatan dokumentasi video.

Mahasiswa Ceko dan IT DEL dengan Petani KSU POM HUMBANG dan perwakilan Pemkab Humbahas di Dekranasda Humbahas - Doloksanggul

Mahasiswa Ceko dan IT DEL dengan Petani KSU POM HUMBANG dan perwakilan Pemkab Humbahas di Dekranasda Humbahas – Doloksanggul